Penyebab Pusing Setelah Bangun Tidur

Pernahkah kita sering merasa pusing atau sakit kepala ketika terbangun dari tidur? Tenang dulu, jangan buru-buru minum obat sakit kepala, ada penjelasan ilmiah mengenai hal ini.

Pada dasarnya otak manusia memiliki gelombang atau frekuensi kerja.
Gelombang otak dibagi menjadi empat, yaitu beta, alpha, teta, dan delta. Pada saat siang hari ketika kebanyakan orang sedang beraktifitas, otak kita berada di gelombang beta. Ketika malam ketika kita sudah mulai merasa ngantuk-ngantuk, kita mulai memasuki gelombang alpha. Lalu saat kita tidur dan bermimpi kita memasuki gelombang teta. Dan ada saatnya ketika kita tertidur lelap dan tidak mengalami mimpi, inilah kita saat memasuki gelombang delta. Nah ketika kita sedang tidur, sesungguhnya otak kita tidak benar-benar berhenti bekerja. Otak kita bisa bolak-balik berada di kondisi teta dan delta.

Nah saat kita tiba-tiba terbangun, biasanya oleh rangsangan dari luar tubuh. Otak kita dipaksa untuk menaikkan gelombang otak secara tiba-tiba dari gelombang teta atau delta ke gelombang delta. Maka inilah yang menyebabkan kita merasa pusing atau sakit kepala.

Nah, kalo udah begitu gimana cara “ngobatin”nya? Seperti disebutkan di atas. Gak usah buru-buru minum obat nyeri atau sakit kepala. Sebenarnya cukup sederhana, kita tinggal masuk kembali ke keadaan alpha atau teta alias tidur lagi (tapi jangan bablas lagi yah :D) sambil kita secara sadar pelan-pelan dalam hati mengucap atau berniat ingin bangun secara sadar, bugar dan prima ketika sadar secara penuh kemudian setelah membuka mata.

So.. Jangan buru-buru minum obat sakit kepala yaa ˆ⌣ˆ

Your Turn To Talk

Leave a Reply

%d bloggers like this: