10 Makanan Unik Khas Bandung

Bandung sangat terkenal dengan banyaknya makanan khas dan unik. Bisnis wisata kuliner di daerah berhawa dingin ini memang sangat menjanjikan. Apalagi tipe orang Bandung yang memang sangat kreatif dalam menciptakan sebuah kreasi makanan. Bagi yang belum pernah jalan-jalan ke Bandung, 10 makanan unik khas Bandung ini patut Anda coba apabila Anda punya rencana berkunjung ke kota Paris Van Java ini :

1. Seblak basah. Seblak basah biasanya terbuat dari kerupuk aci (sagu) yang telah direbus atau dikukus yang kemudian ditumis di atas wajan bersama sejumlah bumbu yg sudah dihaluskan. Seblak basah tidak disajikan dalam keadaan kering dan renyah, tetapi sedikit berair dan kenyal.

10MakananUnikKhasBandung seblak 10 Makanan Unik Khas Bandung

2. PisCok alias Pisang Coklat. Makanan unik ini berbahan dasar sangat sederhana, yaitu buah pisang dan coklat batangan yang dicairkan. Rasa manis buah pisang ditambah dengan rasa manis coklat cair yang khas disatukan menjadi sebuah makanan ringan yang disukai berbagai kalangan.

10MakananUnikKhasBandung Piscok 10 Makanan Unik Khas Bandung

3. Colenak. Colenak yang merupakan singkatan dari “dicocol enak” ini adalah makanan khas Bandung yang masih bertahan hingga sekarang. Terbuat dari peuyeum (tape) yang dibakar kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah.

10MakananUnikKhasBandung colenak 300x185 10 Makanan Unik Khas Bandung

4. Cimol. Merupakan singkatan dari “Aci digemol” yaitu tepung kanji yang dibuat bulat-bulat. Cara membuatnya sangat mudah yaitu adonan tepung kanji yang sudah dibulat-bulat kemudian digoreng. Biasanya Cimol dimakan dengan bumbu-bumbu tambahan (istilahnya semacam seasoning). Kalau digigit rasanya kenyal-kenyal dan paling enak dimakan ketika masih hangat.

10MakananUnikKhasBandung cimol 300x225 10 Makanan Unik Khas Bandung

5. Gehu Hot Jeletot. GeHu (Toge dan Tahu) Hot Jeletot adalah variasi dari tahu goreng biasa. Tahu goreng ini digoreng dengan balutan tepung dan diisi dengan toge dan irisan wortel. Yang menarik adalah rasanya yang super pedas.

10MakananUnikKhasBandung gehuhotJeletot 300x225 10 Makanan Unik Khas Bandung

6. Siomay Bandung. Baso Tahu Siomay biasanya dijual oleh pedagang keliling menggunakan gerobak. Satu porsinya terdiri dari siomay, tahu, kentang, kol, pare dan diberi bumbu kacang, saus cabe dan kecap. Siomay sendiri berbahan dasar ikan tenggiri.

10MakananUnikKhasBandung SIOMAY 300x289 10 Makanan Unik Khas Bandung

7. Nasi Tutug Oncom (TO), adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Uniknya, pada campuran nasi oncom tersebut ditambahkan kerupuk aci (tapioka) yang sudah diremas-remas. Nasi Tutug Oncom ini lebih nikmat bila dimakan dalam keadaan hangat.

10MakananUnikKhasBandung NasiTO 10 Makanan Unik Khas Bandung

8. Tahu Lembang, adalah makanan khas Bandung yang berbeda dengan tahu lainnya karena tahu Lembang ini menggunakan bahan dasar susu sapi. Karena menggunakan susu, rasanya menjadi gurih dan lembut dibandingkan dengan jenis tahu yang lainnya.

10MakananUnikKhasBandung TahuLembang 10 Makanan Unik Khas Bandung

9. Cilok. Cilok yang merupakan singkatan dari “Aci dicolok” ini adalah makanan yang sangat digemari oleh semua kalangan. Terbuat dari aci (tapioka) yang dibuat bulat-bulat kemudian diisi sedikit daging cincang/lemak ayam (gajih) lalu dikukus. Cilok ini biasanya “dicolok” (ditusuk) oleh bambu. Untuk tambahannya biasanya disiram dengan saus kacang dan kecap. Rasanya kenyal dan sangat nikmat bila disantap hangat.

10MakananUnikKhasBandung cilok 10 Makanan Unik Khas Bandung

10. Mie Kocok. Mie kocok adalah salah satu jajanan khas Bandung.  Perbedaan mendasar antara mie baso/ayam dan mie kocok adalah kuah yang dipakai, untuk mie baso/mie ayam biasanya menggunakan kuah kaldu yang encer dan bahan untuk kaldunya bisa digunakan ayam atau sapi, sementara untuk mie kocok kaldu yang digunakan cukup kental dan dibuat menggunakan tulang dan daging sapi, Kemudian ditambahkan sayur toge serta potongan daging kaki sapi yang empuk dan kenyal.

10MakananUnikKhasBandung MieKocok 10 Makanan Unik Khas Bandung

Nah, itu dia 10 Makanan Unik Khas Bandung yang wajib dicoba. Rugi kalau Anda ke Bandung dan tidak berwisata kuliner. Selamat mencoba

Baca juga artikel Menikmati Wisata Kuliner Pekalongan yang Yummi

 

Your Turn To Talk

Leave a Reply

%d bloggers like this: